rss

It's Me

Tentang Saya

Sabtu, 10 Maret 2012

C U R R I C U L U M V I T A E



D A T A P R I B A D I

Nama : Ridwan Setia Rahman

Tempat, Tanggal Lahir : Depok, 27 Juni 1991

Jenis Kelamin : Laki - Laki

Alamat : Komplek Griya Lembah Depok Blok A3 No. 19

RT. 002/RW. 024 Depok 16417

Telp / HP : 08567903005 / 021-7700346

E-mail : takahashi_coolzbgt@yahoo.co.id

Agama : Islam

Status : Belum Menikah

L A T A R B E L A K A N G P E N D I D I K A N

Tempat Tahun

  • Tekhnik Informatika UNIVERSITAS GUNADARMA 2009-Sekarang
  • SMA YAPEMRI Depok 2006-2009
  • SMP YAPEMRI Depok 2003-2006
  • SD Pemuda Bangsa Depok 1997-2003

P E N G A L A M A N O R G A N I S A S I

Jabatan Tahun

  • Kepala Bidang Pengembangan Kader Lingkar Studi Mahasiswa Gunadarma 2011-Sekarang
  • Kepala Bidang 1 BEM FTI Gunadarma 2011-Maret 2012
  • Anggota Sosial Masyrakat Lingkar Studi Mahasiswa Gunadarma 2010-2011
  • Anggota Divisi Akademik BEM FTI Gunadarma 2010-2011
  • Anggota Biasa Lingkar Studi Mahasiswa Gunadarma 2009-2010
  • Anggota Biasa OSIS SMA YAPEMRI 2006-2009
  • Sekretaris Umum Silat Padjadjaran SMA Yapemri 2008-2009

P E N G A L A M A N P R I B A D I

  • Sebagai Moderator Wakapolres Depok, AKBP Ahmad Mustafa (AM) Kamal dalam acara Perkaderan Pemimpin Bangsa Lingkar Studi Mahasiswa Gunadarma dengan tema “Peran Masyrakat dan mahasiswa sebagai Mitra Kepolisian” 4 Maret 2012
  • Ikut serta bersama Muspida Depok dalam menggalakkan Kali bersih di Kali Timur Kota Depok dalam rangka Menyambut Adipura pada tanggal 27 Februari 2012
  • Diskusi bersama Kepala Staff Mayor INF Aryo Windutomo, Msi. (Han) di Komando Distrik Militer Kota Depok Tentang “Pertahanan
  • Sebagai Orator dalam beberapa Aksi Unjuk rasa

- Kasus Pencurian Pulsa di Mabes Polri 9 Maret 2012

- Depok Sebagai Kota terkorup No.2 di Indonesia 9 Desember 2011

- Ulang tahun Kota Depok 28 April 2011

- Dll

  • Bersama KPK Mengadakan Seminar Anti Korupsi untuk Osis-Osis SMA Se-Kota Depok di Balaikota, Kota Depok. 23 Februari 2011]
  • Sebagai Pencetus Ide BOT Create Room Game Defend Of The Accients Di NusaReborn 2010 dengan menggunakan Software Ghost++ dan Bahasa Pemrograman C

K E L E B I H A N P R I B A D I

  • Dapat bekerja secara team, kreatif, cepat belajar, mau memiliki pengalaman baru, pekerja keras

P E N G A L A M A N K E R J A

  • Cheat Analyzer Crew NusaReborn Januari 2010 - May 2010
  • Tekhnisi BOT Create Room Game DotA Di Nusareborn Februari 2010 - September 2010

M O T T O H I D U P

  • Melangkah Maju Atau Kafir

“Jadikanlah Hidup Penuh Warna”

Game Engine

Game engine (bahasa Indonesia: mesin permainan) adalah sebuah sistem software yang dirancang untuk pembuatan dan pengembangan suatu video game. Ada banyak sekali game engine yang dirancang untuk bekerja pada beberapa konsol video game dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux dan Mac OS X. Fungsi utama yang secara khusus disediakan oleh game engine meliputi mesin render (renderer) untuk grafik 2D atau 3D, mesin fisika, deteksi tabrakan (dan tanggapan tabrakan), suara, script, animasi, kecerdasan buatan, jaringan, streaming, manajemen momori, threading, dukungan lokalisasi dan layar grafik. Proses pembuatan game seringkali dihemat oleh sebagian besar developer dengan menggunakan kembali game engine yang sama untuk membuat game yang berbeda.

Ada Berapa Tipe Game Engine?
Game engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrograman. Ada 3 tipe game engine yang ada saat ini, diantaranya :

Roll-your-own game engine
Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine-nya sendiri. Mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Di sisi lain, mereka kadang menggunakan library komersil atau yang open source. Terkadang mereka juga membuat semuanya mulai dari nol. Biasanya game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar diberikan secara gratis, juga memperbolehkan mereka (para developer) lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Tower Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine-nya, hanya untuk ditulis ulang semuanya dalam beberapa hari sebelum penggunaannya karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.

Mostly-ready game engines
Engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer/programer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model, texture dan lain-lain. Banyak dari mereka yang sudah benar-benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama. Game engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar-benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game engine-nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game-nya. Contoh tipe game engine seperti ini adalah Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Dengan hal ini dapat menyingkat menghemat waktu dan biaya dari para developer game.

Point-and-click engines
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tapi dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman dan merilis game-game mereka secepatnya.

Contoh Game Engine
Banyak sekali game engine yang ada sekarang ini mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. Berikut contoh 10 game engine yang bagus berdasarkan banyaknya review yang ada pada situs DevMaster.net tersebut.

- Game engine gratis

OGRE
Irrlicht
Panda3D. Contoh game-nya : Pirates of the Caribbean Online.
Crystal Space
jME
Blender Game Engine
Reality Factory
The Nebula Device 2
RealmForge
OpenSceneGraph


- Game engine berbayar

C4 Engine
Torque Game Engine
3DGameStudio
TV3D SDK 6.5
Leadwerks Engine 2
Unity. Contoh game-nya : Tiger Woods PGA Tour Online.
DX Studio
NeoAxis Engine
Visual3D.NET Game Engine
Esenthel Engine

Game engine yang akan saya ambil untuk diperbandingkan adalah C4 Engine (berbayar) dan OGRE (gratis). Berikut perbandingannya.

Perbandingan Game Engine C4 Engine dengan OGRE
Sebelum dibandingkan alangkah lebih baiknya saya berikan gambaran singkat dari kedua game engine tersebut.

C4 Engine. Telah mendukung banyak sistem operasi. Game engine ini sudah memiliki paket lengkap untuk pembuatan suatu game dengan dilengkapi oleh teknologi musik dan suara 3D, komunikasi jaringan, perangkat input, memori dan manajemen sumber daya, dan masih banyak lagi.

OGRE. Singkatan dari Object-Oriented Graphics Rendering Engine yang merupakan game engine fleksibel yang berbasis scene ditulis dengan bahasa C++ didesain agar lebih mudah dipakai oleh para developer untuk memproduksi game dan demo yang menggunakan hardware 3D. Library kelas menggambarkan semua rincian dari penggunaan sistem library seperti Direct3D dan OpenGL yang menyediakan sebuah antarmuka berbasis pada objek dunia dan kelas intuitif lainnya.

Sumber: http://ademardd.blogspot.com/2011/06/apa-itu-game-engine.html
 

Buku Tamu


ShoutMix chat widget
Widget by Blogger Tune-Up